Cara Perbaiki Aki Kering Mati| Soak| Rusak Jadi Hidup Kembali - Cara Perbaiki
Mobil atau motor anda sukar jalan dan lampunya sudah redup , sukar starter kendaraan dll? Bisa jadi aki (Accu) kendaraan beroda empat atau motor anda sudah soak atau bahkan ada aki motor yang sudah mati sehingga tidak dapat distarter mesti senantiasa di engkol terus. Oya dikala ini aki kering lebih banyak dan lebih biasa digunakan dibanding aki basah. Sebelum anda berbelanja aki yang gres tidak ada salahnya anda menjajal memperbaikinya apalagi dahulu. Dibawah ini ada Tips cara perbaiki aki kering mati , soak , rusak jadi hidup kembali. Banyak yang berhasil memperbaiki dan mengatasinya sehingga aki kering 100% berfungsi kembali dengan baik. Mau Mencobanya?
Kelebihan Aki Kering Atau MF Battery
Pada dikala ini kendaraan roda dua alias motor atau kendaraan beroda empat terbiasa memakai aki kering alasannya tingkat kepraktisannya dan daya tahannya yang lebih awet. Accu type kering ini di sebut juga dengan MF Battery (Maintenance Free). Artinya , jenis aki menyerupai ini memang bebas perawatan alasannya tidak lagi membutuhkan pengisian air accu maupun zuur secara wajib dan berkala. Kelebihan yang lain merupakan peletakannya juga bebas ingin ditempatkan tegak maupun miring tidak akan menjadi masalah.
Kelebihan yang paling menonjol dari aki MF merupakan lebih bisa bertahan dan memiliki tampilan yang sungguh tinggi alasannya memakai separator khusus dan grid yang tahan kepada korosi. Dengan harga yang sedikit lebih mahal dari jenis aki lembap , makanya akan lebih baik bila kita mempelajari cara memperbaiki aki kering yang soak atau sudah lemah agar bisa lebih berhemat.
Pemakaian Aki Kering Saat Ini
Hampir semua pemakaian elektronik dikala ini bisa dikatakan mulai dari lampu emergency hingga metode elektrikal kendaraan beroda empat maupun motor mengaplikasikan aki MF selaku penyimpan dan penyedia tegangan DC nya. Belum lagi peralatan yang lain juga lebih menegaskan aki kering dibanding aki basah.
Persiapan Alat Dan Bahan Untuk Memperbaiki Aki Kering
Sebelum anda mengawali langkah perbaikan aki kering seharusnya anda merencanakan beberapa materi dan alat untuk perlengkapannya sehingga prosesnya perbaikannya berlangsung lancar.
Sekedar kiat dan pengetahuan saja bila anda berbelanja aki kering seharusnya memperhatikan adanya aba-aba angka yang terdapat pada potongan atas bodi aki. Kode tersebut merupakan catatan permulaan pengecasan aki yang diberikan oleh pabrik. Misalnya 10.8.14 mempunyai arti aki tersebut sudah di cas pertama kali oleh pabrik pada tanggal 10 bulan 8 tahun 2014. Apa keuntungannya kita mengenali aba-aba pengecasan permulaan dari pabrik ini? Bermanfaat bila misalnya anda berbelanja aki dengan aba-aba yang sudah melalui usia 3-4 bulan sejak permulaan pengisian , tetapkan anda menjalankan pengecasan apalagi dulu sebelum anda pakai , mudah-mudahan tegangan bisa terisi sarat secara maksimal. Jika ini ditangani maka aki kering anda akan lebih abadi dan lebih tahan usang pemakaiannya.
Semoga bermanfaat.
Kelebihan Aki Kering Atau MF Battery
Pada dikala ini kendaraan roda dua alias motor atau kendaraan beroda empat terbiasa memakai aki kering alasannya tingkat kepraktisannya dan daya tahannya yang lebih awet. Accu type kering ini di sebut juga dengan MF Battery (Maintenance Free). Artinya , jenis aki menyerupai ini memang bebas perawatan alasannya tidak lagi membutuhkan pengisian air accu maupun zuur secara wajib dan berkala. Kelebihan yang lain merupakan peletakannya juga bebas ingin ditempatkan tegak maupun miring tidak akan menjadi masalah.
Kelebihan yang paling menonjol dari aki MF merupakan lebih bisa bertahan dan memiliki tampilan yang sungguh tinggi alasannya memakai separator khusus dan grid yang tahan kepada korosi. Dengan harga yang sedikit lebih mahal dari jenis aki lembap , makanya akan lebih baik bila kita mempelajari cara memperbaiki aki kering yang soak atau sudah lemah agar bisa lebih berhemat.
Pemakaian Aki Kering Saat Ini
Hampir semua pemakaian elektronik dikala ini bisa dikatakan mulai dari lampu emergency hingga metode elektrikal kendaraan beroda empat maupun motor mengaplikasikan aki MF selaku penyimpan dan penyedia tegangan DC nya. Belum lagi peralatan yang lain juga lebih menegaskan aki kering dibanding aki basah.
Persiapan Alat Dan Bahan Untuk Memperbaiki Aki Kering
Sebelum anda mengawali langkah perbaikan aki kering seharusnya anda merencanakan beberapa materi dan alat untuk perlengkapannya sehingga prosesnya perbaikannya berlangsung lancar.
- Belilah Air aki (zuur) , Ingat tetapkan berbelanja dengan benar yakni air yang umumnya digunakan untuk mengisi aki gres , bukan air penambah cairan aki.
- Obeng minus (-) atau pencukit yang memungkinkan untuk digunakan selaku pembuka cover potongan atas aki kering.
- Suntikan tinta printer atau jarum suntik untuk memasukkan air zuur kedalam box aki.
- Siapkan kain lap untuk antisipasi bila ada cairan yang menetes atau tumpah segera di lap.
- Pertama , siapkan aki kering yang mau diperbaiki dan usahakan dibersihkan apalagi dulu dari kotoran abu yang menempel pada bodi aki memakai air hangat mudah-mudahan kotoran bisa dengan gampang terlepas.
- Membuka epilog potongan atas dengan obeng minus secara paksa tetapi mesti hati hati jangan hingga ada potongan yang robek atau pecah. Biasanya tutup merekat dengan memiliki dampak alasannya dari pabrik sudah di lem untuk menangkal kebocoran.
- Setelah terbuka , akan anda peroleh tutup kecil dari karet lingkaran umumnya terdapat 3 buah tutup untuk aki ukuran kecil dan bisa lebih banyak untuk ukuran aki dengan ampere yang besar.
- Siapkan air zuur kedalam suntikan dan anda dapat mulai memasukkan cairan zuur pada setiap lubang yang ada secara hati hati dengan ukuran optimal 1 cm di bawah lubang jangan hingga terlau penuh.
- Tutup kembali lubang dan tetapkan sudah terturup dengan rapat jangan hingga ada indikasi kebocoran atau merembas.
- Posisikan epilog body pada kedudukan semula hingga terlihat rapi dan rapat. Jika alasannya proses membuka yang tadinya secara paksa sudah menyebabkan fleksibilitas , anda dapat memberinya lem plastic (lem tembak) untuk menolong melekatkannya secara sempurna.
- Aki kering sudah siap untuk ditangani CHARGER untuk pengisian tegangan dengan cara menghubungkan pada motor atau kendaraan beroda empat yang sudah bisa menyala (JUMPER) mudah-mudahan aki yang gres diperbaiki ini mendapat tengangan inject permulaan selaku starter. Ada opsi lain yakni dengan menjalankan pengecasan memakai trafo cas (Charger Transformator) untuk pengisian permulaan yang lebih cepat.
- Anda bisa menjalankan pengecekan apakah aki sudah memiliki muatan tegangan , bila sudah , anda dapat pribadi memasang kembali pada kendaraan beroda empat maupun motor yang di harapkan kemudian laksanakan starter untuk menyalakan mesin. Jika mesin sudah berhasil di nyalakan , agar dibiarkan pada posisi stationer (putaran langsam) hingga minimal 15 menit untuk menyesuaikan tegangan mengisi aki dengan stabil.
: Cara Perbaiki Aki Basah Drop , Soak Atau Mati Total Dengan Praktis Dan CepatTips Pemahaman Aki Kering
Sekedar kiat dan pengetahuan saja bila anda berbelanja aki kering seharusnya memperhatikan adanya aba-aba angka yang terdapat pada potongan atas bodi aki. Kode tersebut merupakan catatan permulaan pengecasan aki yang diberikan oleh pabrik. Misalnya 10.8.14 mempunyai arti aki tersebut sudah di cas pertama kali oleh pabrik pada tanggal 10 bulan 8 tahun 2014. Apa keuntungannya kita mengenali aba-aba pengecasan permulaan dari pabrik ini? Bermanfaat bila misalnya anda berbelanja aki dengan aba-aba yang sudah melalui usia 3-4 bulan sejak permulaan pengisian , tetapkan anda menjalankan pengecasan apalagi dulu sebelum anda pakai , mudah-mudahan tegangan bisa terisi sarat secara maksimal. Jika ini ditangani maka aki kering anda akan lebih abadi dan lebih tahan usang pemakaiannya.
Semoga bermanfaat.
Loading...
Tidak ada komentar untuk "Cara Perbaiki Aki Kering Mati| Soak| Rusak Jadi Hidup Kembali - Cara Perbaiki"
Posting Komentar